Bumil harus Tahu!! Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar persalinan lancar

Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar persalinan lancar



Memasuki masa kehamilan 9 bulan, tentunya ibu dan pasangan sudah tidak sabar menunggu kelahiran buah hati yang sangat dinantikan. Untuk hal ini jelas memaksa Anda untuk mempersiapkan mental serta hal-hal yang berkaitan dengan persalinan. Karena dalam beberapa minggu ke depan, jika prediksinya tepat, Anda pasti akan bertemu dengan si kecil.

Namun tahukah Anda apa saja yang harus dipersiapkan saat memasuki bulan kesembilan kehamilan? Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang kehamilan bulan kesembilan Anda. Perkembangan janin selama 9 bulan kehamilan.

Yang biasanya terjadi saat memasuki fase kehamilan di usia bulan kesembilan, yang jelas janin akan makin lengkap. Pertumbuhan janin pada awal kehamilan 9 bulan adalah sebagai berikut.


minggu ke - 37


Pada minggu ke 37, bayi Anda biasanya memiliki berat 3 kg. Selain itu, panjang tubuhnya sekitar 36 cm. Sistem pernapasan bayi terus berkembang dan lemak menjadi lebih tebal sehingga dapat dihangatkan kembali saat lahir. Tidak hanya itu, wanita hamil 37 minggu ini ditopang oleh tulang paha, tetapi kepalanya tidak diturunkan sampai melahirkan. Pada usia ini, rambut janin juga memiliki panjang 1 hingga 2,5 cm. janin


minggu ke -38


Pada minggu ke-38, semua organ janin sudah bisa berfungsi dengan normal. Itu juga dapat mengontrol pernapasan untuk mengatur detak jantung. Tentu saja, di usia ini anak juga bisa mengatur refleksnya sendiri, mulai dari berpegangan tangan atau menghisap.


minggu ke - 39


Pada usia ini, berat bayi Anda sekitar 3 kg dan panjangnya kira-kira 50 cm. Dalam minggu ke tiga puluh pertama, Anda juga harus mempersiapkan jika anak itu tiba -tiba lahir. Karena pada usia 39 minggu, lapisan Cashosa juga melindungi kulit janin, menyebabkan transfer yang tidak tepat ke cairan. Tidak hanya itu, paru-paru bayi Anda juga akan menghasilkan lebih banyak surfaktan, menyebabkan kantung udara terbuka sehingga ia siap untuk mengambil napas pertama saat lahir


minggu ke - 40


Kebanyakan janin biasanya lahir dalam waktu 40 minggu. Tetapi Anda tidak usah khawatir jika lulus HPL. Dapatkan stimulasi alami untuk membantu bayi Anda lahir lebih awal. Tetapi secara umum, pada minggu ke-40, janin memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk bisa bertahan hidup di luar rahim sang ibu. Dan organ-organ tubuh bayi sudah lengkap dan siap untuk keluar ke dunia luar kandungan. Saat Anda semakin dekat dengan tanggal jatuh tempo Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat pengiriman Anda berjalan lancar. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat memasuki usia kehamilan 40 minggu agar persalinan berjalan lancar.

Dibawah ini Beberapa Tips Ibu Hamil 9 Bulan agar persalinan lancar :

  1. Senam kegel
  2. Latihan pernapasan saat melahirkan dengan yoga.
  3. berhubungan seks dengan suami
  4. stimulasi puting
  5. Sering jongkok
  6. Olahraga untuk ibu hamil dan lainnya



Ini adalah hal umum yang akan Anda temui saat memasuki bulan kesembilan kehamilan. Partisipasi dalam kegiatan fasilitasi kerja. Juga, jika Anda sudah lama tidak menggunakan HPL, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar yaaaaa..., see youuuuu 😁

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 14 September 2022 pukul 15.41

    Mantap mantap

    • ryanramdhan
      ryanramdhan 14 September 2022 pukul 15.44

      mantap mantap lagi gan :D

Add Comment
comment url